Ainal Syabri, Anak Muda Millenial yang Membawa Nama Minangkabau Go-Internasional

Ainal Syabri, Anak Muda Millenial yang Membawa Nama Minangkabau Go-Internasional. Ainal Syabri, penggiat seni muda ini, tercatat sebagai salah satu mahasiswa aktif di jurusan Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.

Pemuda yang sedang menjalani semester VI di dunia perkuliahan ini, memiliki segudang prestasi dibidang seni dan musik baik di tingkat nasional maupun internasional. Ainal  yang lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, memiliki bakat dan kemampuan di bidang musik dan seni tradisional, salah satunya ialah Randai.

Randai merupakan salah satu kesenian tradisional Minangkabau yang menggabungkan berbagai elemen seni seperti, musik, silat, tari,drama dan lagu menjadi satu. Randai dimainkan berkelompok dengan membentuk lingkaran dan melangkahkan kaki secara perlahan. Dengan perpaduan antara unsur-unsur ini, membuat kesenian Randai menjadi suatu kesenian yang kompleks dan memakan waktu cukup lama untuk dipelajari, dikarenakan penyesuaian harmoni dan gerakan serta komposisi lainnya, sehingga menjadi menarik untuk dilihat.

Tidak banyak pemuda dan pemudi millenial yang tahu akan kesenian Randai ini, mereka terlena akan kecanggihan teknologi dan kehidupan serba modern dan lupa akan budayanya sendiri. Tetapi hal seperti itu tak berlaku bagi Ainal, pemuda yang lahir tanggal 7 Januari 1997 ini, didapuk menjadi pelatih kesenian Randai untuk acara Pagelaran Budaya Minangkabau, yang diadakan di gelanggang mahasiswa Universitas Sumatera Utara baru-baru ini. Ia sudah dipercaya menjadi pelatih Randai di acara pagelaran ini selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2016 dan tahun 2017.

Selain itu,pada tahun 2017, Ainaldiberi amanatuntuk melatih perwakilan Indonesia, dalam ajang internasional antara Indonesia, Malaysia dan Thailand pada acara IMT-GT yang diadakan di Medan, tepatnya di Auditorium Universitas Sumatera Utara, disini ia dan timya menyajikan kesenian Randai dan memenangkan kategori Best Combine Dance.

Ainal Syabri, Anak Muda Millenial yang Membawa Nama Minangkabau Go-Internasional
Ainal Syabri, Anak Muda Millenial yang Membawa Nama Minangkabau Go-Internasional

Bagi Ainal, tahu dan mempelajari budaya sendiri, merupakan kewajiban anak muda agar budayanya tak lantas hilang begitu saja. Dengan mempelajari Randai, Ainal berharap ia bisa menyebarkan dan mengembangkan budaya ini pada orang-orang di sekitarnya. Dengan membawa budayanya ke ranah internasional, Ainal sebagai pemuda Minangkabau berharap budaya nya dan budaya-budaya lainnya tidak hilang begitu saja terlindas zaman, karena “budaya bukan hanya sekedar budaya, budaya adalah suatu identitas yang patut dipertahankan”, ujarnya.

 

Penulis: Eileen Publisher

Editor: berliandaryan

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *