Atasi Macet, Jalan Koto Baru dan Padang Lua Diperlebar

Atasi Macet, Jalan Koto Baru dan Padang Lua Diperlebar. Pelebaran jalan menjadi hal yang mendesak untuk mengurai kemacetan di Pasar Koto Baru, Kab. Tanah Datar dan Padang Lua Agam. Pemprov Sumbar sedang mengupayakan pelebaran itu secepatnya.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, di Istana Gubernur Sumbar mengatakan, pihaknya telah mengupayakan pembebasan lahan di bagian belakang pasar, agar pelebaran jalan di sepanjang titik kemacetan itu bisa segera dilakukan.

“Kami tengah menjajakinya dengan berbagai pihak. Karena kebutuhan agar segera dilebarkan itu sudah sangat mendesak. Pembebasan, kami tengah mengupayakan ke PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) karena di belakang itu (pasar) ada lahan mereka,” katanya, Jumat (16/2/2018).

Menurutnya, jika persoalan pembebasan lahan bisa segera diselesaikan, pemerintah akan segera menyediakan anggaran untuk melakukan pelebaran jalan tersebut. Setidaknya, membutuhkan anggaran Rp10 miliar telah dipatok dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbar.

“Kalau di bawah sepuluh miliar, tidak usah minta ke pusat. Malu kita. Tapi kalau nanti kebutuhannya lebih dari sepuluh miliar, baru kita mengadu ke pusat untuk membantu,” katanya lagi.

Jika terealisasi, pelebaran jalan yang direncakan dilakukan di sebelah kiri jalan dari arah Kota Padang tersebut, akan menyebabkan Pasar Koto Baru yang merupakan sentra pasar sayur di Sumbar itu mundur lebih ke belakang dari posisi pasar saat ini.

sumber: https://hariansinggalang.co.id/atasi-macet-jalan-koto-baru-dan-padang-lua-diperlebar/

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *