Desa Terindah di Dunia ada di Sumatera Barat

bukittinggiku – Siapa sangka, desa terindah di dunia itu ada di Indonesia. Dan siapa yang mengira, itu ada di Sumatera Barat.

Dalam rilis sebuah media pariwisata berpengaruh di dunia, Travel Budget, di New York, Amerika Serikat menjadikan Nagari Pariangan, Sumatera Barat sebagai Desa terindah di dunia sejak Mei 2012. Pariangan menyisihkan empat nominator lainnya Swiss, Prancis, Kanada, dan Ceko.

Keasrian, dan warisan leluhur yang masih terjaga apik menjadi kriteria yang menjadi ciri dan identitas budaya Sumatera Barat membuat pilihan tersebut jatuh kepada Desa yang terletak di lereng Gunung Marapi pada ketinggian 500-700 meter di atas permukaan laut tersebut.

Belakangan, Nagari Pariangan semakin banyak dikunjungi pendatang, bukan hanya dari lokal namun juga turis mancanegara kerap datang menikmati pemandangan nan elok di Ranah Minang itu.

Berjarak sekiatar 14 kilometer dari Kota Batusangkar, Ibukota Kabupaten Tanah Datar. Secara administratif, desa seluas 17,92 kilometer kubik ini berada di bawah kecamatan Pariangan dan dihuni sekitar 6.479 jiwa.

sumber

Foto: Erison J Kambari

Bagikan Sekarang!

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *