Lapau Bukittinggi, Sensasi Kuliner Khas Minangkabau di Ibukota Jakarta

Lapau Bukittinggi, Sensasi Kuliner Khas Minangkabau di Ibukota Jakarta. Kebanyakan orang di luar Sumatera Barat mengenal kuliner Minangkabau hanya sebatas Restoran Padang. Sebenarnya, kuliner Minangkabau tak hanya itu saja, ada banyak sensasi kuliner ranah Minang yang belum terungkapkan. Sensasi itu kini dihadirkan di ibukota Jakarta oleh Lapau Bukittinggi.

Lapau dalam bahasa indonesia berarti warung/kedai, dan Bukittinggi adalah salah satu kota wisata yang ada di Sumatera Barat yang terkenal dengan icon Jam Gadang-nya.

Untuk kamu yang sudah sering mencoba masakan padang, dan ingin mencoba sensasi kuliner ranah minang yang berbeda, menu lapau ini adalah pilihan yang patut untuk dicoba. Menu andalan di lapau ini adalah Nasi Goreng Khas Minangkabau dan Sala Lauak. Penyajian nya pun sangat khas, menggunakan gelas dan piring kaleng (red: kanso), sangat kental aroma tradisionalnya.

Lapau Bukittinggi, Sensasi Kuliner Khas Minangkabau di Ibukota Jakarta
Lapau Bukittinggi, Sensasi Kuliner Khas Minangkabau di Ibukota Jakarta
 

Beras untuk bahan utama nasi goreng didatangkan langsung dari Nagarai Tilatang Kamang, yaitu beras Kuruik Kusuik. Beras jenis ini termasuk beras jenis terbaik dari ranah minang. Hampir 80% bahan baku makanan disini dikirim langsung dari Kota Bukittinggi. Jadi, soal rasa dijamin membuat kamu berteriak tambuah ciek da!

Selain menu diatas, kamu juga bisa menikmati sajian khas lainnya, seperti MieNas, Mie Tahu,  Pisang Panggang Kuah Santan, Katupek Pical, Katupek Gulai Paku, Mie Rebus & Goreng Bukittinggi, serta Soto Padang. Yuk kita bahas satu-persatu:

Pisang Panggang Kuah Santan (dok: OK Food NET TV)
Pisang Panggang Kuah Santan (dok: OK Food NET TV)

Pisang Gadang (red: ambon) dipanggang sekaligus dengan kulitnya. Setelah matang, semua bagian pisang menjadi lunak, kulit dilepas dan isi pisang diletakkan di dalam piring, siram dengan santan, tambahkan gula dan jika suka tambah cracker (red: roti gabin). Rasanya enak banget ketika sicrackers mulai lembek kena kuah santan kita nikmati dengan pisang panggang. Rasanya Lamak bana!

Selanjutnya, Katupek Pical. Bagi anda yang merupakan warga asli, atau pernah ke Bukittinggi, Sumatera Barat, tentulah sangat rugi jika melewatkan makanan yang satu ini. Berbahan dasar ketupat yang dikuahi dengan kuah kacang, ditambah kombinasi mie, sayur, dan kerupuk. Yups! Katupek Pical, kuliner asli dari Bukittinggi (red: Nagari Kapau).

Katupek Pical jo Sala Lauak
Katupek Pical jo Sala Lauak

Lanjut yuk, ini dia Mie Tahu. Mie tahu ini isinya mie kuning lebar, mie ini memang khas minang banget gak ada deh dijual di Jakarta, pastinya mie ini dikirim langsung dari Bukittinggi. Tekstur mie ini beda dengan mie telor biasa, bentuknya lebih lebar tapi gak selebar kwetiau juga sih, teksturnya lembut. Lalu ada potongan tahu goreng, kemudian disiram kuah kacang tumbuk berbumbu dan ditabur kerupuk merah, bawang goreng, irisan seledri dan dendeng. Rasanya mirip banget seperti yang dijual di Bukittingi.

Mie Tahu
Mie Tahu

Bagaimana? semakin lapar? Eits, sambil menunggu semua pesananmu keluar, tak ada salahnya kamu mencoba cemilan khas yang satu ini, namanya Karupuak Kuah Mie. Karupuak (kerupuk) yang disiram kuah sate padang lalu ditabur lagi bihun goreng yang melimpah. Menu ini harganya cuma 5k! Murah bangetkan? Kerupuknya juga gede banget, makan satu sih udah kenyang banget karena bihunnya banyaakk.

Karupuak Kuah Mie
Karupuak Kuah Mie

Tak hanya itu, minuman yang ditawarkan pun tidak kalah menarik. Sebut saja Kopi Kawa Daun, Teh Talua,  Kopi Panggang, Kawa Talua dan Tomat Top. Tomat Top adalah  deretan dari banyaknya jenis minuman khas dari Sumatera Barat yang  sangat istimewa bagi semua umur dan kalangan. Asal usul Tomat Top sampai  hari ini tidak ada titik temu karena minuman istimewa ini berasal dari  selingkaran Bukittinggi hingga Payakumbuh.

Dengan harga yang bersahabat kita bisa menikmati minuman istimewa ini. Warna merah kejinggaan karena berkolaborasinya tomat, telur dan susu kadang terlihat seksi, menarik, dan menggugah seleranya. Istimewanya lagi tomat top ini bisa menyembuhkan sakit haid bagi wanita dan menambah stamina bagi pria, apabila kita kelelahan bekerja seharian, ingin puding (tambah energi : istilah minang) segeralah minum tomat top.

Tomat Top
Tomat Top

Minuman istimewa yang mengandung vitamin dan nutrisi ini sangat gampang meraciknya, caranya kita kolaborasikan antara telur setengah matang, potongan tomat di kupas yang di potong-potong dan susu lalu di tuang ke dalam gelas. Jadi kita harus bangga dengan keberagaman kuliner Indonesia, termasuk kuliner dari ranah minang.

Gimana? Jadi laper liat menu-menu khasnya? Langsung aja datang ke Lapau Bukittinggi, Jl. Isa No.18 Rawa Belong, Jakarta Barat. Lokasi nya dekat dengan Pasar Kembang Rawa Belong. Buka setiap hari mulai dari pukul 18.00 – 01.00 WIB. Dan untuk kamu yang barek ikua (red: mager), semua menu diatas bisa sudah bisa diorder via GoFood & GrabFood

GoFood & GrabFood
GoFood & GrabFood

Instagram : Lapau Bukittingi (klik disini)

FacebookLapau Bukittinggi – Rawa Belong, Jakarta Barat

Youtube : Tayangan OK Food NET TV Episode Lapau Bukittinggi (klik disini)

Lomba Makan Karupuak Kuah Dalam Rangka Ulang Tahun Lapau Bukittinggi yg ke-1 (klik disini)

Katupek Pical, Kuliner Khas dari Bukittinggi – Liputan RCTI (klik disini)

Kuliner Khas Minang LAPAU BUKITTINGGI – Liputan H+Media (klik disini)

Alamat Lapau Bukittinggi : Jl. Isa No.18 Rawa Belong – Jakarta Barat. 0895629370144

(maps)

sumber

Bagikan Sekarang!

233 thoughts on “Lapau Bukittinggi, Sensasi Kuliner Khas Minangkabau di Ibukota Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *