Mantab! Bukittinggi Punya Si-Padek, Layanan Dokumen Kependudukan Online

bukittinggiku – Pertama di Sumatera Barat, Aplikasi “SIPADEK” Kota Bukittinggi Diluncurkan.

Bukittinggi maju selangkah lagi, pelayanan pendaftaran Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) dan Kartu Keluarga ( KK ) secara online melalui aplikasi SIPADEK (Sistim Informasi Pelayanan Dokumen Kependudukan) yang diluncurkan Walikota Bukittinggi diwakili Sekda Yuen Karnova, Rabu (10/5) bertempat di hotel Dymens Bukittinggi bersamaan dengan acara sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan.

Acara peluncuran sistim pendaftaran melalui pelayanan online itu juga langsung disaksikan Subdit Pemanfaatan Data Aini Febriana dan Subdit Pendaftaran Penduduk Drs. Triyatmanta, Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Pada kesempatana itu Sekda Bukittinggi Yuen Karnova mengapresiasi inovasi yang dilahirkan Dinas Dukcapil Kota Bukittinggi ini, karena diyakini sangat membantu masyarakat Kota Bukittinggi dalam berurusan dokumen kependudukan seperti KTP dan KK. “Kita sangat mengapresiasi inovasi ini dan tentunya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya harus mampu menciptakan terobosan-terobosan baru lainnya dalam upaya memberikan kemudahan sekaligus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Yuen Karnova.

Pada kesempatan itu, Triyatmanta dari Subdit Pendaftaran Penduduk, Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mengatakan, sistim aplikasi pelayanan untuk pendaftaran dokumen kependudukan ini merupakan aplikasi perdana dimunculkan di Sumatera Barat. “Kita bangga, Pemerintah Kota Bukittinggi mampu melahirkan terobosan ini, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi aplikasi ini mengedepankan efisiensi biaya dan waktu,” ujar Triyatmanta.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Bukittinggi Ridwan Efendi yang didampingi Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk menjelaskan, sebenarnya keinginan untuk mewujudkan aplikasi sudah lama, namun baru saat ini dapat kita lahirkan, setelah bekerjasama dengan Dinas Kominfo serta tim Bukittinggi Smart Creative.Ridwan Efendi mengajak masyarakat Kota Bukittinggi yang ingin berurusan dokumen kependudukan, untuk pendaftaran tidak perlu datang lagi ke dinas Dukcapil.

Yuk langsung download aplikasi SIPADEK di GooglePlay!

sumber

Bagikan Sekarang!

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Mantab! Bukittinggi Punya Si-Padek, Layanan Dokumen Kependudukan Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *