Training of Trainer Call Id Academia Sukses Dilaksanakan di Bukittinggi, Tim bukittinggiku Ikut Serta

Training of Trainer Call Id Academia Sukses Dilaksanakan di Bukittinggi. 14 orang peserta terpilih dari berbagai latar belakang keilmuan berbeda melakukan pelatihan selama 3 hari, yakni hari Jumat sampai Minggu tanggal 30, 31 Oktober hingga ditutup pada tanggal 1 November 2020.

Pelatihan kepemimpinan di alam terbuka ini dilatih oleh coach professional dari Yayasan Taratas Andalas. Berlokasi di kawasan Komunitas Selaras Alam, Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam yang merupakan poros tempat bangkitnya peradaban literasi di Agam.

Pelatihan ini diresmikan langsung oleh founder Selaras Alam, Bapak Suardi (70th). Dalam kata sambutannya Pak Suardi menyampaikan petuah singkat.

“Manusia itu hidup dengan tiga hubungan; yaitu hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan dan manusia dengan Alam. Maka daripada itu Kita harus hidup selaras dengan Alam”, ucap Pak Suardi.

Training of Trainer Call Id Academia Sukses Dilaksanakan di Bukittinggi, Tim bukittinggiku Ikut Serta
Training of Trainer Call Id Academia Sukses Dilaksanakan di Bukittinggi, Tim bukittinggiku Ikut Serta

Pada kesempatan yang langka ini, semua peserta juga melaksanakan piket kelompok. Agenda yang membuat semuanya jadi kenal satu sama lain, yaitu kegiatan memasak bersama.

“Hal yang menurut saya membuat kita cepat akrab, seperti kegiatan di dapur ini. Awalnya tidak saling kenal, tetapi setelah berbagi tugas di dapur Kita menjadi saling kenal selera masing-masing”, Terang Isra Fauzan (24th), selaku ketua Yayasan Taratas Andalas mengapresiasi.

Anggota yang berjumlah 14 orang ini dibagi menjadi tiga kelompok. Terdiri dari; Pinanga Kanwa, Sakola Covid19, dan KOPI (Kelompok Penebar Inspirasi). Masing-masing kelompok kemudian membuat yel-yel, lagu dan puisi.

“Keahlian ini untuk melatih kreatifitas calon pemimpin di lapangan nanti. Bagaimana seorang pemimpin transformatif bukan hanya sekedar menjadi pelatih, namun juga menjadi guru dan role model yang bisa menebarkan Inspirasi kepada target pesertanya”, Terang Khalid Efendi (58th) selaku coach dalam tiga hari pelatihan ini.

Olivia Octaviana, S.Psi , salah satu kontributor @bukittinggiku pun berkesempatan ikut dalam acara ini. Lulusan Psikologi yang baru saja menuntaskan studinya di Universitas Padjadjaran Bandung ini, mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan ini.

“Selama 3 hari di alam terbuka rasanya peningkatan kualitas diri semakin terasah apalagi ditengah pandemi yang tengah menjadi kekhawatiran di masyarakat. Melalui pendekatan experiental learning yang diterapkan pada kegiatan ini, saya merasa Call ID Academia merupakan salah satu solusi menyeimbangkan kesehatan mental dan fisik bagi anak muda di Sumatera Barat, khususnya di kota Bukittinggi”, terang gadis yang biasa disapa Oliv ini.

Training of Trainer Call Id Academia Sukses Dilaksanakan di Bukittinggi, Tim bukittinggiku Ikut Serta
Kontributor @bukittinggiku (Oliv) bersama peserta lainnya

Pada latihan di hari terakhir, semua peserta berperan ganda sebagai panitia dan peserta. Peserta dibagi menjadi dua kelompok; Tim lapangan dan Tim pengendapan. Sebagai tim lapangan, panitia harus mempersiapkan lintasan yang memiliki unsur kompetitif dalam setiap tim.

Sementara tim pengendapan mempersiapkan game yang melibatkan seluruh peserta atau bersifat kolaboratif. Hal ini menjadi gambaran kepada setiap calon leader bahwa kedepannya akan dihadapkan pada kegiatan di lapangan dan setiap leader harus mampu membuat skenario games mempunyai arti dan makna dalam kegiatan kepemimpinan.

Oleh : Amelia, Oktober 2020

Bagikan Sekarang!